Lost your password?
  • narrow screen resolution
  • wide screen resolution
  • fluid screen resolution
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • style1 color
  • style2 color
  • style3 color

Institut PTIQ Jakarta

Member Area
Home
Fakultas Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ Jakarta sejak didirikan pada tahun 1991 sebagai pengembangan dari Institut PTIQ yang sudah berdiri sejak tahun 1971 memiliki dua wajah. Sisi pertama, sebagai bagian integral dari Institut PTIQ yang memberikan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu-ilmu Al-Qur'an. Sisi kedua, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari lembaga pendidikan tenaga keguruan, yang memberikan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat, maka Fakultas Tarbiyah mengemban amanah untuk mengembangkan ilmu-ilmu Al-Qur'an, kependidikan dan keguruan (ketarbiyahan).

Fakultas Tarbiyah saat ini mengelola dua program Studi :

  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam.
  2. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.

Program   Studi   Pendidikan   Agama   Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat, dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. Status Prodi PAI saat ini, sebagai berikut:

  1. Status Terakreditas Peringkat B Program studi Pendidikan Agama Islam (SK Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT RI ) nomor: 038/BAN-PT/Ak-XU/S1/XII/2009, tangal 4 Desember 2009).
  2. Izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam (SK Dirjen. Pendidikan Islam nomor: Dj. 1/619/2009, tanggal 23 Oktober 2009.

Pada tahun 2008 Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ Jakarta mendapat kepercayaan dari Departemen Agama Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor : Dj.1/17/2008 untuk mengelola Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) jenjang strata satu (S1). Setelah Prodi ini diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah ternyata banyak sekali peminatnya. Kini ijin penyelenggaraan PGRA telah diperpanjang, dengan keluarnya SK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor : Dj. 1/867/2010, tanggal 6 Desember 2010. Sedangkan Akreditasi dari BA-PT RI sedang diproses.

Pada tahun 2010 Institut PTIQ Jakarta mendapat kepercayaan dari Kementerian agama RI untuk mengelola program Beasiswa bagi guru Agama di Sekolah.

 

Visi

Sesuai dengan yang dimiliki Institut PTIQ Jakarta yang di Al-Qur'an dalam mengatasi problem masyarakat bagi kemajuan dan kesejahteraan umat manusia, maka isi fakultas tarbiyah Institut PTIQ Jakarta ialah : Membangun tradisi belajar sepanjang hayat dafam wacana ke Al-Qur'an menuju profesionalisme akademik.

 

Misi

Berdasarkan visi tersebut, maka misi yang di kembangkan Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ Jakarta adalah :

  1. Menjadikan Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ Jakarta tampil dengan wajah Al-Qur'an yang di kelola secara profesonal.
  2. Membentuk sarjana pendidikan yang cakap, terampil, serta profesional dan mempunyai wibawa Al-Qur'an.
  3. Menumbuh   kembangkan   kehidupan   akademik yang berbudaya Al-Qur'an.

 

Tujuan

Penyelenggaraan Fakultas Tarbiyah Institut PTIQ Jakarta di maksudkan untuk :

  1. Menyiapkan sarjana yang memiliki kompetensi di bidang ke-Qur'an-an dan kependidikandan.
  2. Menyiapkan tenaga pendidik (guru) untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga pendidik (guru) agama islam, yang terus meningkat pada Pendidikan Dasar (Ml, SD., SLTP, dan SLTP dan MTs) dan Pendidikan Menengah (MA, SMU dan SMK).pemenuhan tenaga tersebut sejalan dengan pertumbuhan dan pengembangan pendidikan secara kuantitatif dan kualitatif terutama dalam pembangunan di bidang pendidikan agama
  3. Menyiapkan sarjana yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan lembaga pendidikan.

 

Sebagai arah untuk pengembangan fakultas tarbiyah yang akan dituangkan dalam arah dan strategi Institut PTIQ Jakarta Tahun 2009-2013, disusunlah Rencana Strategi Fakultas Tarbiyah, baik yang menyangkut hal-hal yang akademis maupun fisik. Perencanaan pengembangan ke depan dituangkan dalam rencana strategis ini dengan memperlihatkan potensi yang dimiliki (faktor internal) dan faktor eksternal.


FAKULTAS

PROGRAM STUDI/KONSENTRASI

KOMPETENSI

Tarbiyah
  • Pendidikan Agama Islam
  • Pendidikan Guru Raudathul Athfal (PGRA)
  • Guru/Pendidik
  • Guru TK