Lost your password?
  • narrow screen resolution
  • wide screen resolution
  • fluid screen resolution
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • style1 color
  • style2 color
  • style3 color

Institut PTIQ Jakarta

Member Area

Newsflash

Home Program Studi Program Studi Fakultas Dakwah
Fakultas Dakwah

 Masyarakat Indonesia pada umumnya adalah masyarakat dengan tingkat intensitas keagamaan yang tinggi. Tidak mengherankan jika disetiap pelosok negeri ini dijumpai majlis taklim dan hampir disetiap wilayah. Belum lagi ditambah dengan ritual-ritual keagamaan lainnya seperti khitanan, aqiqah, maulidan dan lain-lainnya.

Dalam skala yang lebih luas teknologi dan informasi telah mencapai puncaknya dengan tersedianya layanan multimedia yang semakijn murah. Melihat kondisi seperti ini, para praktisi dakwah tidak boleh kehilangan momentum terutama dalam menggunakan teknologi dan informasi sebagai basis penyebaran dakwah.

Di sinilah Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta dapat memainkan perannya (rute) Fakultas ini mendapatkan ijin penyelenggaraan Program Studi Pertama kali dengan Nomor: 25 Tahun 1983 yang ditandatangani oleh Menteri Agama RI. Adapun Program studinya adalah Komunikasi dan Penyiaran Islam. Dengan design kurikulum yang terus dipenuhi dan kesempatan praktikum dakwah di berbagai media, Fakultas Dakwah berharap menghasilkan lulusan yang siap pakai.

Untuk menjawab tantangan kehidupan masyarakat dibidang pengembangan ekonomi dan bismis yang berbasis dakwah, maka Fakultas Dakwah membuka prodi baru yaitu Manajemen Dakwah yang didalamnya mencakup bisnis yang dipokuskan dalam Mata Kuliah Kompetensi Utama yang seluruh mata kuliah berhubungan dengan pengembangan ekonomi dan bisnis. Dengan demikian Fakultas, jurusan Manajemen Dakwah denga konsentrasi Dakwah dan Bisnis berharap menghasilkan seorang dai dan pelaku usaha yang bisa menciptakan lapangan kerja sekaligus melahirkan masyarakat yang beriman dan beramal shaleh.

Didalam perkembangannya, Fakultas Dakwah pada saat ini memiliki pengajar meliputi Guru Besar, Doktor dan Magister yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Sejalan dengan itu, kelengkapan fasilitas secara standar sudah memadai dan akan terus ditingkatkan. Adapun tingkat kelulusan dari berbagai angkatan menunjukkan tingkat penerimaan masyarakat dan dunia kerja terhadap alumni sangat terbuka.

Fakultas Dakwah memiliki keistimewaan di bidang akademik. Lulusan Fakultas Dakwah tidak hanya mampu berdakwah secara lisan dan tulisan, tapi mampu mengorganisir lembaga dakwah, memanfaatkan multimedia dan teknologi sebagai sarana dakwah, dan dengan prodi baru diharapkan mampu mandiri dan juga menciptakan lapangan kehidupan bagi masyarakat yang lebih dikenal dengan Dakwah Bilhal.

Alumni Fakultas Dakwah memiliki peluang yang sangat besar dalam mendedikasikan diri sebagai da'i dan aktivitasa dakwah yang profesional, ahli dibidang Al-Qur'an, handal dan berakhlak mulia.

Dengan mengacu pada Tri Darma Perguruan, Fakultas Dakwah berupaya menyebarkan dan mengajarkan ilmu dan ketarampilan dakwah kepada masyarakat.

 

VISI

Terciptanya fakultas yang berkualitas dan unggul yang mampu menghasilkan sarjana-sarjana dakwah yang Qur'ani.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam ilmu dakwah
  2. Melakukan penenlitian di bidang dakwah Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengamalkan ilmu dakwah untuk kepentingan masyarakat
  3. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait baik dalam maupun luar negeri Melakukan pembinaan akhlak mulia

 

TUJUAN

Tujuan Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta adalah :

  1. Menghasilkan ulama/sarjana musli S.1 terutam.a dalam bidang dakwah dan penyiaran Islam yang memiliki keahlian dalam mengungkapkan pemikliran baik dalam bentuk lisan maupun tulisan secara sistematis, kritis dan logis sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.
  2. Menyebarluaskan ilmu-ilmu keislaman, khususnya dakwah dalam Qur'an menuju kejayaan Islam.
  3. Mempersiapkan Sarjana Muslim yang mandiri.

 

PROGRAM STUDI DAN PIMPINAN FAKULTAS

Program Studi Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta dalah Komunikasi dan Penyiaran Islam. Adapun pimpinan Fakultasnya adalah :
Dekan : H. Pangadilan Daulay, MA.M.SC
Ketua Prodi : H. Topikurohman Bedowi, MA

 

 


FAKULTAS

PROGRAM STUDI/KONSENTRASI

KOMPETENSI

Dakwah
  • Komunikasi Penyiaran Islam
  • Manajemen Dakwah
  • Da'i Multimedia
  • Manajer Dakwah